Gandeng Bawaslu, Anggota DPR RI Riyanta Sosialisasikan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024


Anggota Komisi II DPR RI Riyanta menggandeng Bawaslu RI sosialisasikan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024


Pati, Senin (12/08/24), radarmuria.com

Menggandeng Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dan Bawaslu Kabupaten Pati, Anggota Komisi II DPR RI, Riyanta, menggelar Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Acara berlangsung Senin (12/08), di Joglo Aspirasi Riyanta, Jalan Ahmad Yani 38 - Pati, diikuti ormas dan elemen masyarakat.

Dalam paparan, Anggota Komisi II DPR RI, Riyanta berharap pelaksanaan Pilkada Pati dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. 

"Saya berharap pemilihan Bupati Pati nanti dapat berjalan sebaik- baiknya, sejujur- jujurnya dan seadil- adilnya. Siapapun nanti yang terpilih lewat pemilihan itu, kita bisa menerima dengan legowo", kata Riyanta.

Hal itu menurutnya, agar semua bisa membangun situasi dan kondisi yang memang sudah disepakati bersama berdasarkan ketentuan perundangan.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pemilihan bupati merupakan suatu sarana untuk mendapatkan pemimpin atau kepala daerah yang baik demi keberhasilan pembangunan menuju kesejahteraan rakyat.

Riyanta menilai, peran serta masyarakat dalam pengawasan Pemilu masih harus ditingkatkan, karena mereka menganggap bahwa pengawasan terkait itu menjadi tugas pengawas pemilihan.

"Padahal, pengawasan bisa dilakukan oleh semua. Bisa oleh masyarakat, Bawaslu, bisa juga oleh anggota DPR yang salah satunya memiliki tugas dan fungsi pengawasan. Ini pentingnya sosialisasi ini", tegasnya.



Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Pati, Sigit Pamungkas dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam pengawasan Pilkada 2024, yang dilaksanakan pada 27 November mendatang.

"Sosialisasi ini mengedukasi masyarakat untuk turut serta dalam pengawasan pemilihan serentak, sehingga diharapkan akan berjalan demokratis", terang Sigit.

Dalam proses tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Pati, dia menyebut, sejauh ini belum ditemukan adanya pelanggaran.

"Prinsipnya, bila ada laporan pelanggaran akan ditindaklanjuti", tegasnya.

Perwakilan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kholik mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari pelayanan negara terhadap rakyat, khususnya warga Kabupaten Pati, diwujudkan dalam bentuk kolaborasi atau kerjasama antara Komisi II DPR RI dan Bawaslu RI.

"Ini bukti bahwa secara kelembagaan ada sinergi yang baik antara Komisi II DPR RI dengan Bawaslu RI sebagai mitra", kata Kholik.

Menurutnya, Pemilu di Indonesia tahun ini sangat unik sekaligus rumit, karena digelar secara serentak dalam hari dan waktu yang sama.

"Dan ini kali pertama terjadi dalam sejarah sejak Indonesia merdeka, dalam tahun yang sama terjadi Pemilu disusul Pilkada", tambahnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam pengawasan pelaksanaan tahapan Pilkada 2024. (Reporter : Baginda Usman)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.